Bismillah.
Berikut ini latihan mandiri online untuk teori belajar bahasa. Filenya bisa di download di akun pribadi saya disini
dengan harapan semoga bisa membantu temen2 yang membutuhkan.
Selamat belajar... semoga sukses!
1.
Contoh komunikasi verbal untuk bayi
12-18 bulan adalah....
A. Mengucapkan “Mum” sambil
menunjuk gelas dihadapannya.
|
|
B. Bayi tersenyum melihat wajah
ibunya.
|
|
C. Memandang pada benda-benda di
sekelilingnya.
|
|
D. Mengucapkan”ma ma ,enum!”
sambil menunjuk minumanyang dilihatnya.
|
A. Benar, tahap bayi
usia 7-12 tahun menunjuk keinginannya, usia sampai dengan 18 bulan mulai
disertai bunyi suku kata
2.
Menurut Krashen pengertian
pemerolehan bahasa adalah....
A. proses yang digunakan oleh
anak-anak untuk menyesuaikan serangkaian hipotesis dengan ucapan orang tua
sampai dapat memilih kaidah tata bahasa yang paling baik dan sederhana dari
bahasa yang bersangkutan
|
|
B. Proses anak mulai mengenal
komunikasi dengan lingkungannya secara verbal
|
|
C. Mempunyai permulaan yang
mendadak, dan gradual yang muncul dari prestasi-prestasi motorik, social, dan
kognitif
|
|
D. Proses alami yang berlangsung
tanpa adanya perhatian secara sadar terhadap bentuk-bentuk linguistik .
|
D. Benar, opsi D
dikemukakan oleh Krashen
3.
Pemerolehan bahasa anak sangat erat
hubungannya dengan perkembangan kognitif anak karena....
A. Kemampuan anak berbicara
bersamaan dengan kemampuan berpikir
|
|
B. Kamampuan anak berbicara adalah
hasil dari berpikirnya
|
|
C. pemerolehan bahasa memiliki
suatu permulaan yang gradual yang muncul dari prestasi-prestasi motorik,
social, dan kognitif pralinguistik
|
|
D. pemerolehan bahasa anak sejalan
dengan perkembangan organ bicaranya
|
C. Benar, opsi C
sesuai dengan pengertian pemerolehan bahasa poin kedua dari McGraw
4.
Sebagian dari sitem bahasa itu
adalah sistem pikirannya karena...
A. makna dan semantik bahasa yang
digunakan adalah ide yang merupakan bagian dari isi pikiran
|
|
B. berbahasa memerlukan latihan
berpikir terus menerus
|
|
C. pikiran adalah bagian dari
bahasa
|
|
D. berpikir dan berbahasa adalah
sama-sama hasil kerja otak
|
A. Benar, isi pikiran
yang berupa ide terwujud melalui bahasa
5.
Contoh pertukaran giliran yang
terjadi pada masa perkembangan pralinguistik adalah....
A. Anak dan ibu itu berteriak
serempak memanggil tukang eskrim yang melewati rumah mereka
|
|
B. Anak-anak Play-group
menyanyikan lagu Bangun Tidur mengikuti gurunya
|
|
C. Anak mendengarkan dengan tenang
ketika ibunya mendongeng sebelum tidur
|
|
D. Ibu meminta anaknya menutup
pintu rumah mereka yang terbuka
|
C. Benar, opsi C
adalah contoh pertukaran giliran
6.
Salah satu penanda perkembangan
pralinguistik adalah pertukaran giliran antara orang tua dengan anak. Yang
dimaksud pertukaran giliran adalah sebagai berikut kecuali,
A. Ketika ibu mendapat giliran
berbicara, anak diam sambil mengamati ibunya
|
|
B. Ketika anak banyak berbicara
maka ibu hanya diam sambil mengamati atau sebaliknya
|
|
C. Anak diberi giliran berbicara
pertama sekali kemudian disusul ibu yang berbicara setelah anak diam
|
|
D. Baik anak maupun ibu harus
saling mengalah untuk menunggu giliran berbicara
|
D. Benar, karena dalam
pertukaran giliran tidak ada perebutan atau saling mengalah untuk berbicara
7.
Anak diperkenalkan dengan pedoman :
“Gunakan beberapa “prinsip operasi” umum untuk memikirkan serta menetapkan
bahasa.” Prisip tersebut merupakan penerapan strategi....
A. meniru
|
|
B. produktifitas
|
|
C. produktif
|
|
D. prinsip operasi
|
D. Benar, Strategi
prinsip operasi berpedoman:” gunakan beberapa “prinsip operasi” umum untuk
memikirkan serta menetapkan bahasa!”
8.
Perkembangan bahasa anak berhubungan
dengan kematangan neoromoskularnya, tetapi dalam menyimak ada perbedaan
yaitu....
A. pada awalnya kematangan berbicara
lebih dulu dari pada kematangan menyimak
|
|
B. pada awalnya kematangan
menyimak lebih dulu dari pada kematangan berbicara
|
|
C. kematangan menyimak dan
berbicara terjadi secara bersamaan
|
|
D. antara menyimak dan berbicara
terjadi kematangan secara bergantian
|
B. Benar, pada awalnya
kematangan menyimak lebih dulu dari pada kematangan berbicara
9.
Proses pemerolehan bahasa terdapat
pada contoh berikut....
A. Adi biasa menggunakan kata
“Ape?” untuk bertanya dan “Engga.” untuk menyatakan ketidaksetujuan yang
biasa ia tiru dari kebiasaan ibunya.
|
|
B. Adi mendapat kesulitan belajar
bahasa Indonesia di TK tempat ia belajar padahal sebelum ia pindah dari
Sukabumi ia terbiasa berbahasa Sunda.
|
|
C. Setiap sore Ida dan Adi
mempelajari bahasa Sunda dari guru yang didatangkan orang tuanya agar nilai
bahasa Sundanya baik
|
|
D. Beni belajar bahasa Inggris
tiga kali seminggu di tempat kursus bahasa Inggris untuk anak usia TK
|
A. Benar, proses
pemerolehan bahasa didapat secara tidak disengaja dengan mengikuti bahasa
ibunya.
10.
Kompetensi bahasa kedua diperoleh
melalui belajar bahasa, bukan “memungut bahasa”. Maksud pernyataan tersebut
adalah ....
A. pengetahuan yang sadar tentang
bahasa kedua
|
|
B. mendapatkan bahasa tanpa
disadari
|
|
C berawal tidak disadari tetapi
kemudian timbul keinginan belajar bahasa
|
|
D keinginan belajar bahasa pada
anak usia prasekolah
|
A. Benar, arti belajar
adalah usaha mengetahui bahasa dengan sadar sedang memungut bahasa dilakukan
tidak sadar
11.
Proses pemerolehan B2 dilakukan
dengan cara memungut sedangkan belajar B2 melalui....
A. belajar
|
|
B. mengetahui
|
|
C. meniru.
|
|
D. mengingat
|
B. Benar, proses
pemerolehan B2 dilakukan dengan cara memungut sedangkan belajar B2 melalui
mengetahui B2
12.
Dorongan yang datang dari dalam diri
pembelajar yang menyebabkan pembelajar berkeinginan kuat untuk mempelajari
bahasa kedua merupakan faktor....
A. Kondisi interaksi
|
|
B. penyajian formal
|
|
C. motivasi
|
|
D. usia
|
C. Benar, faktor
motivasilah yang menyebabkan dorongan sangat kuat pada diri pembelajar
13.
Contoh pemerolehan bahasa
berdasarkan usia anak yang tepat terdapat pada pernyataan....
A. Uli melavalkan kata rujak
“b∂b∂k”menjadi rujak bEbEk meskipun dari lahir ia tinggal di Jakarta hingga
dewasa.
|
|
B. Bunga setelah masuk SD fasih
berbahasa Sunda padahal bahasa tersebut baru ia kenal
|
|
C. Edi sangat fasih dalam
berbicara bahasa Inggris karena dari lahir hingga usia tiga tahun dia tinggal
di Australi
|
|
D. Manis setelah remaja tetap
belajar bahasa Mandarin dan menjadi fasih sehingga dia disebut dwibahasawan
|
C. Benar, pemerolehan
bahasa pada anak-anak ( usia 2-3 tahun )dapat sefasih penutur asli
14.
Berikut ini pengaruh pembelajaran B1
terhadap B2 kecuali,
A. Pengaruh urutan kata karena
proses penerjemahan
|
|
B. Pengaruh morfem terikat pada
bahasa yang dipelajari
|
|
C. Pengaruh usia anak saat
memperoleh B1
|
|
D. Meskipun tidak kuat ada
pengarauh dari bahasa pertama.
|
C. Benar, usia anak
bukan bagian dari pengaruh tetapi merupakan faktor-faktor keberhasilan
pembelajaran bahasa kedua
15.
Hal-hal berikut adalah aspek yang
harus diperhatikan ketika mempelajari B2 kecuali,
A. kemampuan berbahasa
|
|
B. usia
|
|
C. kecerdasan
|
|
D. motivasi.
|
C. Benar, kecerdasan
bukan aspek yang harus diperhatikan dalam mempelajari B2 (termasuk kecualinya)
16.
Strategi pertama yang berpegang pada
semboyan “Gunakanlah pemahaman nonlinguistik Anda sebagai dasar untuk penetapan
atau pemikiran bahasa!” Menurut Brown strategi ini beroperasi pada tahap umum
dasar kognitif dengan pernyataan berikut kecuali,
A. Panjang ucapan anak kecil
merupakan indikator perkembangan bahasa yang lebih baik dari perkembangan
usia kronologisnya
|
|
B. Morfem rata-rata perucapan
dapat digunakan sebagai ukuran panjangnya .
|
|
C. Di sekeliling tahap umum
pemahaman nonlinguistik muncul pengertian anak terhadap situasi-situasi
tertentu atau khusus
|
|
D. Membagi dua yaitu kelompok anak
referensial dan ekspresif
|
D. Benar, Membagi dua
yaitu kelompok anak referensial dan ekspresif merupakan strategi ketiga jadi
termasuk kecualinya
17.
“Belajar merupakan terbentuknya
asosiasi-asosiasi antara peristiwa-peristiwa yang disebut stimulus(S) dengan
respon (R)” adalah hukum belajar...
A. Classical Conditioning oleh
Pavlov
|
|
B. Operant Conditioning oleh
Skinner
|
|
C. Social Learning oleh Bandura
|
|
D. Connection(S-R Bond)
|
D. Benar, opsi D
merupakan hukum belajar Connection(S-R Bond) dikemukakan oleh Thorndike
18.
Ibu bercerita bahwa Rumah Sakit yang
mereka biasa berobat kini sudah modern katanya. Pasien yang mendaftar begitu
datang langsung diberi nomor antrian oleh satpam dari printout computer. Nomor
antrian dipanggil oleh lampu yang berisi nomor antrean pasien menyala. Cara
antrian seperti ini berhubungan dengan teori....
A. Classical Conditioning oleh
Pavlov
|
|
B. Operant Conditioning oleh
Skinner
|
|
C. Social Learning oleh Bandura
|
|
D. Connection(S-R Bond).
|
A. Benar, Classical
Conditioning adalah mengganti stimulus alami (nomor antrean) dengan nyala lampu
19.
Untuk pembelajaran bahasa teori
empirisme sangat bertentangan dengan aliran rasionalisme yang beranggapan
seperti berikut kecuali,
A. Salah satu dari teori empirisme
tidak mampu menjelaskan kreativitas anak dalam mengembangkan bahasanya
|
|
B. Perilaku bahasa itu jauh lebih
rumit dari pada suatu hubungan S-R
|
|
C. Bahwa belajar bahasa memerlukan
pembiasaan yang akhirnya membentuk perilaku yang diinginkan
|
|
D. Kaum behaviorisme tidak dapat
menjelaskan mengapa anak dapat menyusun kalimat panjang hanya dengan memiliki
sedikit kata saja
|
C. Benar, anggapan
belajar bahasa memerlukan pembiasaan yang akhirnya membentuk perilaku yang
diinginkan (Ini yang termasuk kecualinya)
20.
Contoh pembelajaran berikut
menerapkan teori behaviorisme kecuali,
A. Guru menyajikan materi dari
yang sederhana ke yang kompleks
|
|
B. Hasil belajar diukur
berdasarkan pencapaian perilaku yang diinginkan
|
|
C. Di dalam kelas siswa sangat
berperan dalam mendapatkan materi sesuai arahan guru (guru sebagai pengarah)
|
|
D. Peran guru sangat dominan dalam
memberikan materi sampai luas dan tuntas
|
D. Benar, sangat
dominannya peran guru berarti siswa tidak aktif sehingga tidak terjadi S-R
(stimulus-respon) .Jadi ini bukan penerapan teori behaviorisme
21.
Teori nativisme berpandangan bahwa …
A. peniruan bahasa oleh anak
secara sistematis dan kontinyu akan memampukan anak berbahasa
|
|
B. pelenturan organ wicara melalui
wicara yang bertubi-tubi menyebabkan anak mampu berbahasa
|
|
C. Setiap manusia sudah dilengkapi
oleh alat penguasaan bahasa yang dinamakan Language Acquisition Device( LAD)
|
|
D. Peniruan rangsangan alamiah
dengan bentuk yang lain efektif dalam menerima respon yang lebih baik
|
C. Benar, yang
berpandangan bahwa setiap manusia sudah dilengkapi oleh alat penguasaan bahasa
yang dinamakan Language Acquisition Device( LAD) adalah teori nativisme
22.
Teori kognitivisme menyatakan
bahwa....
A. kemampuan berbahasa seseorang
berasal dan diperoleh sebagai akibat dari kematangan kognitif sang anak
|
|
B. manusia membentuk versi mereka
sendiri terhadap kenyataan dengan menggandakan berbagai cara untuk
mendapatkan pengetahuan
|
|
C. setiap manusia sudah dilengkapi
oleh alat penguasaan bahasa yang dinamakan Language Acquisstimulition Device(
LAD)
|
|
D. Belajar merupakan terbentuknya
asosiasi-asosiasi antara peristiwa-peristiwa yang disebut us(S) dengan respon
(R)
|
A. Benar, teori
kognitivisme berpandangan bahwa kemampuan berbahasa seseorang berasal dan
diperoleh sebagai akibat dari kematangan kognitif sang anak
23.
Teori fungsional dalam pembelajaran
bahasa beranggapan bahwa....
A. pemerolehan bahasa anak
dipengaruhi oleh lingkungan sosial anak
|
|
B. anak tidak memerlukan latihan
berbahasa karena sudak dibekali dengan potensi bahasa
|
|
C. bahasa digunakan untuk
mengetahui keadaan kognitif anak
|
|
D. belajar bahasa adalah belajar
memahami fungsi-fungsi bahasa sebagai tujuan komunikasi
|
D. Benar, teori
fungsional tentang belajar bahasa untuk memahami fungsi-fungsi bahasa sebagai
sarana berkomunikasi
24.
Teori kontruktinisme berpandangan
bahwa…
A. Kemampuan berbahasa seseorang
diperoleh akibat kematangan kognitif anak
|
|
B. bahasa diperoleh melalui
stimulus yang gencar dari luar dirinya
|
|
C. perolehan bahasa dipengaruhi
oleh bakat seseorang yang telah ada secara alamiah
|
|
D. untuk mempelajari bahasa
manusia membentuk versi sendiri terhadap kenyataan
|
D. Benar, pandangan
teori konstruktivisme bahwa dalam mempelajarai bahasa manusia membentuk versi
sendiri terhadap kenyataan
25.
Peran Piaget dalam teori
konstruktivisme sebagai....
A. pencetus teori tahapan individu
|
|
B. pelopor teori kognitifisme
|
|
C. penentang teori Behaviorisme
|
|
D. pengikut teori behaviorisme
|
B. Benar , Peran
Piaget dalam teori konstruktivisme sebagai pelopor teori kognitifisme
26.
Contoh berikut merupakan cara anak
bersosialisasi dengan lingkungannya
A. “ Mah saya mau makan!” kata
anak kepada setiap orang yang berada di dekatnya
|
|
B. “ Mah itu Bapak pulang ayo
bukakan pintu!’ kata anak meniru perilaku ibunya setiap suaminya pulang
|
|
C. “Bi, aku minta pisau itu untuk
memotong kucing ini!” Kata beni menirukan adegan televise yang baru
ditontonnya
|
|
D. “Bu, ajari saya bahasa Indonesia!”
Kata Ida yang baru berumur tiga tahun kepada ibunya
|
B. Benar , kalimat B
contoh anak bersosialisasi sesuai dengan yang ia dapatkan dari lingkungan
27.
Pengertian kecenderungan adalah....
A. motivasi yang tinggi dari
seseorang untuk mempelajari bahasa yang diinginkannya
|
|
B. seluruh faktor yang menyebabkan
pelajar menerapkan kemampuan berbahasa untuk memperoleh bahasa tertentu
|
|
C. keinginan seseorang yang sangat
kuat untuk mempelajari bahasa tertentu
|
|
D. dorongan yang sangat kuat yang
muncul kepada jiwa seseorang untuk mempelajari bahasa
|
B. Benar ,
kecenderungan adalah seluruh faktor yang menyebabkan pelajar menerapkan
kemampuan berbahasa untuk memperoleh bahasa tertentu
28.
Integrasi sosial adalah salah satu
komponen kecenderungan yang …
A. menggunakan kemampuan
belajarnya untuk menguasai bahasa target
|
|
B. mencoba menggunakan bahasa
target sebagai alat ekspresi dirinya
|
|
C. rela mengambil resiko apapun
yang diakibatkan ia mempelajari bahasa tersebut
|
|
D. berusaha menggunakan bahasa
target sebagai alat mempelajari budaya tertentu
|
D. Benar, Integrasi
sosial adalah salah satu komponen kecenderungan yang mengupayakan bahasa target
menjadi alat belajar budaya
29.
Sikap mau mengambil resiko adalah
salah satu dari kecenderungan yang berciri berikut ini kecuali,
A. berani menggunakan bahasa
target jika sudah dapat berbahasa seperti penutur aslinya
|
|
B. tidak ragu dalam menggunakan
unsur-unsur kebahasaan yang baru
|
|
C. berani mengutarakan isi hati
meski ada kemungkinan melakukan kesalahan
|
|
D. berani mencobakan bahasa
meskipun menggunakan pola-pola yang rumit
|
A. Benar berani
menggunakan bahasa target jika sudah dapat berbahasa seperti penutur aslinya
bukan sikap mau mengambil resiko
30.
Yang dimaksud dengan kapasitas dalam
belajar bahasa adalah daya tampung otak untuk....
A. menyerap stimulus kebahasaan
yang masuk
|
|
B. menyaring stimulus kebahasaan
yang masuk
|
|
C. mengolah stimulus kebahasaan
yang masuk
|
|
D. berbahasa simbolik.
|
C. Benar, pengertian
kapasitas dalam belajar bahasa adalah daya tampung otak untuk mengolah stimulus
kebahasaan yang masuk
31.
Sumbangan lingkungan dalam belajar
B2 berupa…
A. bahasa baru yang ditemui
pembelajar
|
|
B. input yang berasal dari bahasa
pembelajar
|
|
C. bahasa awal + bahasa lingkungan
yang berinteraksi dengan pembelajar B2
|
|
D. tubian bahasa target yang harus
dikuasainya
|
B. Benar, karena
sumbangan terbesar dalam pembelajar B2 anak adalah masukan (input) bahasa asal
pembelajar
32. Pernyataan yang benar tentang
perbedaan antara pemerolehan bahasa dengan belajar bahasa adalah....
A. pemerolehan bahasa proses
berlangsungnya secara bawah sadar, belajar bahasa proses berlangsungnya
secara sadar dan disengajari.
|
|
B. pemerolehan bahasa pengetahuan
yang diperoleh secara eksplisit, belajar bahasa pengetahuan yang diperoleh
secara eksplisit
|
|
C.Pemerolehan bahasa, pembelajar
mengetahui B2, belajar bahasa, pembelajar memungut B2
|
|
D. Pemerolehan bahasa pengetahuan
secara formal, belajar bahasa mengetahui ciri-ciri seperti penutur asli
|
A. Benar, Proses
berlangsunya pemerolehan bahasa secara bawah sadar, sedangkan belajar bahasa
proses pemerolehannya secara sadar dan disengaja
33.
Dalam pembelajaran bahasa guru
memegang peranan penting di kelas terutam dalam....
A. merekrut pembeljar agar
terbentuk kelompok-kelompok belajar
|
|
B. mengoreksi kesalahan pembelajar
sekaligus memberikan masukan
|
|
C. mengelompokkan materi
pembelajaran yang sejenis
|
|
D. menyelesaikan tugas
administrasi sekolah yang dilaksanakan secara formal
|
B. Benar, guru harus
mengoreksi dan mengarahkan pembelajar/member masukan demi perbaikan hasil kerja
siswa
34.
Bakat bahasa yang dimiliki seseorang
dapat membantunya dalam belajar bahasa. Yang dimaksud dengan bakat bahasa
adalah kemampuan....
A. yang diperoleh dari keturunan
|
|
B. berbicara yang diperoleh dari
berlatih
|
|
C. menyimak yang diperoleh sejak
kecil
|
|
D. alamiah dalam belajar bahasa
|
D. Benar, bakat muncul
secara alami dan sangat membantu dalam melahirkan kemampuan
35.
Kebiasaan belajar bahasa yang
berbeda-beda pada setiap orang disebut ....
A. formal strategy
|
|
B. planning strategy
|
|
C. internalizatin strategy
|
|
D. communication strategy
|
B. Benar, cara yang
berbeda-beda pada setiap orang dalam belajar bahasa disebut planning strategy
36.
Dalam belajar B2, Sunu membuat rumus
untuk membantu mengingatkannya pada macam-macam akhiran. Yang dilakukan Sunu
merupakan penerapan strategi....
A. strategi practice
|
|
B. strategi planning
|
|
C. strategi formal
|
|
D. strategi communication
|
C. Benar, formal
strategi adalah mempermudah pemahaman melalui penciptaan rumus-rumus
37.
Dalam hipotesis kesamaan perolehan
B1 merupakan komponen yang hakiki dari perkembangan kognitif dan sosial anak,
sedangkan perolehan B2 terjadi....
A. Sebelum perkembangan kognitif
dan sosial seorang anak
|
|
B. Sesudah perkembangan kognitif
dan sosial seorang anak
|
|
C. Bersamaan dengan perkembangan
kognitif dan sosial seorang anak
|
|
D. Tidak berhubungan dengan
perkembangan kognitif dan sosial seorang anak
|
B. Benar, pemerolehan
B2 berlangsung sesudah perkembangan kognitif dan sosial seorang anak terbentuk
38.
Menurut hipotesis kontrastif
penguasaan B1 sangat berpengaruh terhadap B2 yaitu…
A. Jika struktur B1 berbeda dengan
struktur B2 maka belajar B2 menjadi lebih mudah
|
|
B. Jika struktur B1 memiliki
banyak kesamaan maka belajar B2 menjadi sangat sulit
|
|
C. Jika struktur B1 memiliki
banyak kesamaan maka belajar B2 menjadi lebih mudah
|
|
D. Jika struktur B1 dan B2 tidak
saling mempengaruhi maka belajar B2 sangat tidak bermanfaat
|
C. Benar, kesamaan
struktur B1 dan B2 akan mempermudah belajar B2
39.
Kontribusi B1 dalam pandangan teori
behaviorisme berkaitan dengan (stimulus-respon) dalam pemerolehan bahasa
yaitu...
A. Pembelajar akan merespon
sebelum ia mendapatkan stimulus B2
|
|
B. Pembelajar akan merespon B2
sebelum ia mendapatkan stimulus B1
|
|
C. Semakin sering pembelajar
merespon stimulus semakin cepat ia memperoleh bahasa
|
|
D. Semakin sering pembelajar
merespon stimulus semakin sulit ia belajar bahasa
|
C. Benar, Semakin
sering pembelajar merespon stimulus semakin cepat ia memperoleh bahasa
40.
Yang dimaksud dengan input dalam
bahasa anak adalah....
A. bahasa-bahasa yang diserap anak
dari lingkungan keluarganya
|
|
B. organ bahasa anak yang telah
diberikan Tuhan
|
|
C. bahasa yang dimiliki anak
selama masa balita
|
|
D. bahasa anak yang diperdengarkan
kepada orang lain
|
A. Benar, input bahasa
anak adalah bahasa-bahasa yang diserap anak dari lingkungan keluarganya
0 comments:
Posting Komentar