Kamis, Juni 03, 2010

Filled Under:

Anak-anak menelan benda-benda kecil???

Semoga bermanfaat ya..

.........................

http://www.askdrsears.com/html/8/T085000.asp



*SWALLOWED OBJECTS*

(translated by Sylvia Radjawane)

* *

Anak-anak kadang menelan benda-benda kecil, seperti koin, mainan atau perhiasan. Benda-benda semacam ini hampir selalu ‘lolos’ melewati usus dan ke luar dari tubuh mereka dalam 3-5 hari tanpa sakit. Bahkan saya pernah menyaksikan ke luarnya sebuah peniti dalam keadaan terbuka dari tubuh seorang anak tanpa masalah.

Hal semacam ini dapat berubah menjadi masalah jika benda-benda tsb. ‘tertahan’ di suatu tempat dalam tubuh.

Jika anak Anda menelan sebuah benda kecil, dia mungkin akan mengalami episode ‘tercekik’ yang singkat sementara benda kecil tsb. sedang ‘meluncur’ menunju esofagus (saluran dalam tubuh yang menghubungkan mulut dan lambung). Jika kemudian anak Anda tidak mengalami tanda-tanda yang menunjukkan benda tsb. tertahan di esofagus, maka Anda dapat langsung mengobservasinya.

*IMPORTANT*

- *Baterai bulat (kancing).*
Jenis baterai yang sering digunakan untuk jam tangan atau kalkulator ini dapat menyebabkan erosi pada esofagus jika dibiarkan ‘tertahan’ di sana terlalu lama. Hal seperti ini perlu ditangani agak lebih serius dibandingkan jenis benda kecil lainnya yang tertelan. Siap meminta pertologan dokter juga jadi salah satu langkah antisipasi. Jika Anda tahu bahwa baterai tsb. tidak ada di dalam esofagus, menunggunya hingga ke luar dari tubuh anak Anda bisa tetap dilakukan.

- *Benda-benda tajam*.
Jenis benda seperti ini seharusnya juga tidak menjadi masalah, tetapi memang perlu juga dikonsultasikan dengan dokter.

*OBJECT STUCK IN THE ESOPHAGUS*

Sulit menelan, berliur yang berlebihan, tercekik, nyeri di daerah tenggorokan atau mengalami pandangan kabur adalah tanda-tanda bahwa benda yang tertelan tertahan di esofagus. Walaupun kondisi seperti ini tidak seserius jika dibandingkan dengan benda yang tertahan dalam batang tenggorokan, tetapi tetap membutuhkan pemeriksaan medis dan Anda perlu
menghubungi dokter Anda atau membawa anak Anda ke UGD Rumah Sakit.
Jika hasil pemeriksaan rontgen menunjukkan bahwa benda tsb. tertahan di esofagus, perlu segera dilakukan tindakan untuk mengeluarkannya mengingat kemungkinan adanya risiko gangguan pada batang tenggorokan.
Biasanya tindakan ini dilakukan di dalam ruang operasi dengan ahli bedah khusus (ahli gastroenerologi) dan ahli anestesi. Walaupun kelihatannya cara ini tampak ‘jauh lebih repot’ dari sekadar menemukan kembali potongan Lego yang tertelan misalnya, tapi inilah cara teraman untuk memastikan bahwa benda tsb. tidak ‘menemukan jalannya’ ke dalam area batang tenggorokan, yang nantinya malah menimbulkan situasi jauh lebih serius.

*OBJECT IN STOMACH*

Jika anak Anda tidak mengalami masalah seperti diuraikan di atas, maka mungkin saja benda kecil yang tertelan itu berhasil ‘turun’ ke dalam lambung. Jika benda tersebut cukup kecil sehingga bisa melewati area esofagus dan lambung, maka ada kemungkinan benda tsb. juga bisa melewati area usus dalam 3-5 hari. Anda perlu memeriksa hasil BAB anak Anda untuk mengonfirmasi keberadaan benda tsb. Anda juga dapat memberikan tambahan jus ‘prem’ untuk membantu kelancaran keluarnya benda yang tertelan tsb.

Jika anak Anda kemudian mengalami muntah, nyeri perut, kram, atau feses berdarah, Anda harus menghubungi dokter Anda.

Jika setelah 7 hari pemeriksaan feses, Anda tidak juga menemukan benda yang tertelan tsb., Anda perlu menghubungi dokter Anda (yang nantinya mungkin saja memutuskan untuk memberi waktu lebih lama sedikit untuk tetap menunggu).

Jika benda tertahan dalam usus terlalu lama, kondisi ini dapat memicu masalah lebih lanjut. Biasanya pemeriksaan rontgen dapat mengonfirmasi di lokasi mana kini benda tsb. berada dalam tubuh anak Anda.

*WHEN TO CALL THE DOCTOR*

- Benda tertahan dalam esofagus
- Baterai yang tertelan
- Benda tajam yang tertelan
- Jika ada gejala muntah, nyeri lambung, kram atau ada darah dalam feses
- Tidak ada gejala sama sekali tetapi benda yang tertelan belum juga ke
luar dari tubuh dalam 7 hari.

.........................

0 comments:

Copyright @ 2013 yanti.