Rabu, Oktober 26, 2011

Riwayat perjalanan sakit cinta

*Riwayat perjalanan sakit cinta*

Anak saya cinta lahir secara Caesar pada tanggal 14 februari
2011, pada usia kandungan 29 minggu (7 bulan 1 minggu). Dilakukan operasi
Caesar Cito karena mamah nya selama hamil cinta mengalami sakit sakitan,
sehingga sudah 6x dirawat bulak balik di RSUD bayu asih purwakarta karena
mengalami sakit Plasenta Praevia (plasenta letak rendah). Jadi selama hamil
istri saya selalu mengalami keluar pendarahan dari vagina nya,
terus-terusan semenjak usia kandungan 4 bulan, ternyata setelah di USG
pendarahannya dari plasenta/bali yang letaknya dibawah tempat duduk bayi
seharusnya kalau normal adanya di atas kepala bayi, sehingga ada sedikit
gerak aja dari bayi atau mamah kerja berat aja pasti keluar darah terus
istri saya sehingga mamahnya harus bed rest total. Nah pas saat tanggal 14
februari 2011, pendarahan istri saya terus-terusan dari siang sampai malam
tidak berhenti-berhenti walau sudah pake obat buat pemampat darah, sehingga
jam 10 malam dokter obgyn bilang bayinya harus segera dikeluarkan, untuk
menyelamatkan keduanya.

Alhamdulillah jam 23,15 tanggal 14 februari 2011 lahirlah
anak saya, perempuan yang saya berinama cinta firania maulida berat lahir
1,7 kg panjang 46 cm. Anak saya kemudian menjalani proses perawatan di
perinatologi selama 1 minggu di RSUD bayu asih dan diizinkan pulang tidak
ada masalah, BAB pun lancer melalui anus. Setelah dirumah selama 2 minggu,
tiba-tiba anak saya perutnya menjadi kembung, merah, dan nafasnya susah,
muntah juga, nangis terus,rewel. Akhirnya saya bawa anak saya ke perina RSUD
bayu asih, besoknya anak saya makin kembung perutnya dan ada kegagalan
nafas, kata dokter anak Bayu asih keadaan anak saya jelek ada gagal nafas
dan kembung, juga infeksi berat ini harus dirujuk ke bandung karena RS bayu
asih tidak mampu. Karena saya selaku orang tua kawatir akhirnya langsung
saya merujuk ke RS Hasan Sadikin, tapi di telepon ke NICU RSHS lagi penuh
kamarnya, akhirnya saya telepon ke NICU RS Santosa Bandung, alhamdulilah ada
yang kosong kamarnya. Nafas nya sudah tinggal 1,2,3. Karena darurat
akhirnya saya bawa anak saya langsung ke RS Santosa Bandung Hospital, disana
anak saya langsung ditangani dan masuk NICU santosa langsung memakai
Ventilator, sehingga nafasnya dari alat dulu sementara.

Akhirnya dikonsulkan ke dokter spesialis bedah anak disana, katanya anak
saya ada masalah di ususnya. Besoknya diusia 25 hari anak saya langsung
menjalani operasi colostomy ( buat lubang di perut untuk mengeluarkan usus
diperut), eh dokter kaget karena ada hijau di usus nya (ciri-ciri mati/busuk
ususnya) akhirnya besoknya anak saya kembali menjalani operasi cito
laparotomy (buka perut) untuk melihat ada apa diususnya dengan kemungkinan
berhasil / hidup 20% dokter menyuruh pasrah, alhamdulilah dede cinta kuat
dan berhasil menjalani operasi. Ternyata anak saya usus halus nya ada yang
mati, busuk / NEC (Necrotizing Entero Colitiis) sepanjang 30 cm, sehingga
di potonglah usus yang mati selama 30 cm tersebut dan akhirnya usus halusnya
sementara dikeluarkan dulu di perut untuk BAB nya. Akhirnya selama 2 bulan
anak saya menjalani perawatan di RS Santosa Bandung Pasca operasi nya sampai
stabil.

Pasca operasi anak saya mengalami banyak masalah-masalah mulai dari pasca
operasi,berat badan yang tidak bisa naik-naik 2,2 kg terus padahal usia 4
bulan, kurang cairan elektrolit, infeksi berat yang mengancam jiwa,
perawatan colostomi dll, susu anak saya pun adalah susu khusus yaitu susu
neocate yang harga nya 500 ribu/kaleng 400 gram. Karena susu kaleng
biasa/asi tidak terserap oleh usus cinta yang pendek gara-gara dipotong.
Perawatan colostomy dirumah pun yang ekstra dan tidak murah terus berjalan
dari usia 3 bulan sampai 7 bulan, Alhamdulillah ada rejeki buat anak
walaupun dah lebih dari ratusan juta saya mengeluarkan uang. He…(SK dah
digadaikan, 10 tahun tidak dapat gaji)

Setelah usia 7 bulan, berat badan anak saya dah 5,5 kg. kata dokter bedah
anak, usus anak saya dah bagus dan bisa disambung usus nya (tutup
colostomy). Saya dan istri senang mendengarnya karena anak saya bisa
kembali normal (BAB di Anus), akhirnya saya masukan anak saya di RS Santosa
bandung tanggal 20 september 2011. Dan pada tanggal 22 September 2011
menjalani operasi tutup colostomy, sayang ada masalah, BAB anak saya tidak
ada dan tidak keluar dari anus nya, selama observasi 1 minggu, malah perut
anak saya kembali kembung/buncit dan kritis kembali Keadaan umum nya,
akhirnya pada tanggal 29 september 2011 karena makin kritis dokter
memutuskan untuk melakukan operasi cito laparotomy dan colostomy untuk
kembali membuka perut, ternyata di sambungan usus anak saya mengalami
peradangan kronis. Sehingga terjadi mampat dan bocor sehingga susu tidak
bisa mengalir ke anus malah mampat di sambungan dan keluar di sambungan
dalam area perut dan menggenangi perut sehingga buncit dan harus dibersihkan
dulu sisa kotoran-kotoran didalam perutnya.Pasca operasi anak saya masuk
ruang PICU karena keadaanya menurun. Seperti terlihat digambar.

karena keadaan umum (KU) anak saya jelek dokter memutuskan untuk colostomy
lagi anak saya karena kalau disambungkan takut terjadi lagi bocor. Akhirnya
anak saya kembali colostomy (ee nya diperut) sampai sekarang,

Biaya perawatan dirumah sakit yang membengkak diluar perkiraan saya, sampai
sekarang saya masih berhutang 22 juta pada rumah sakit santosa dan perawatan
colostomy ekstra dan lain-lain membuat saya tidak berdaya dan akhirnya
memberanikan diri untuk meminta bantuan di facebook. Terimakasih atas
perhatian dan bantuannya.

Anak saya sekarang dah pulang dari rumah sakit santosa, sekarang tinggal
sementara dulu di cimahi di rumah mertua saya di cimahi bandung, menjaga
takut terjadi apa-apa kan dekat rumah sakit di bandungnya. Bapak/ibu
Ditunggu kedatangannya untuk menengok cinta di cimahi, tepatnya di jalan
sangkuriang, perum veteran no. 76 blok D, cipageran. bandung, jawa barat.
Terimakasih atas perhatiannya. ini no hape saya TAUFIK HIDAYAT 0819 3132
9180

2 comments:

Wibisono Heri mengatakan...

alhamdulilah anak saudara telah lahir dengan selamat, semoga menjadi anak yang pintar, sholeh, berbakti kepada orang tua dan berguna untuk bangsa.....salam saya $$B

yanti mama ranacha mengatakan...

bukan anak saya @wbsnhr, saya hanya sebagai team pencari dana untuk bayi cinta yang sedang membutuhkan bantuan saja. di tunggu bantuannya ya... :)

d'most fav web

Copyright @ 2013 yanti.