Sabtu, November 09, 2013

Latihan Mandiri UT PBIN4103 TEORI BELAJAR BAHASA


Bismillah.
Berikut ini latihan mandiri online untuk teori belajar bahasa. Filenya bisa di download di akun pribadi saya disini
dengan harapan semoga bisa membantu temen2 yang membutuhkan.
Selamat belajar... semoga sukses!




1.      Contoh komunikasi verbal untuk bayi 12-18 bulan adalah....
       
A. Mengucapkan “Mum” sambil menunjuk gelas dihadapannya.
B. Bayi tersenyum melihat wajah ibunya.
C. Memandang pada benda-benda di sekelilingnya.
D. Mengucapkan”ma ma ,enum!” sambil menunjuk minumanyang dilihatnya.
A. Benar, tahap bayi usia 7-12 tahun menunjuk keinginannya, usia sampai dengan 18 bulan mulai disertai bunyi suku kata

2.      Menurut Krashen pengertian pemerolehan bahasa adalah....
       
A. proses yang digunakan oleh anak-anak untuk menyesuaikan serangkaian hipotesis dengan ucapan orang tua sampai dapat memilih kaidah tata bahasa yang paling baik dan sederhana dari bahasa yang bersangkutan
B. Proses anak mulai mengenal komunikasi dengan lingkungannya secara verbal
C. Mempunyai permulaan yang mendadak, dan gradual yang muncul dari prestasi-prestasi motorik, social, dan kognitif
D. Proses alami yang berlangsung tanpa adanya perhatian secara sadar terhadap bentuk-bentuk linguistik .
D. Benar, opsi D dikemukakan oleh Krashen

3.      Pemerolehan bahasa anak sangat erat hubungannya dengan perkembangan kognitif anak karena....
       
A. Kemampuan anak berbicara bersamaan dengan kemampuan berpikir
B. Kamampuan anak berbicara adalah hasil dari berpikirnya
C. pemerolehan bahasa memiliki suatu permulaan yang gradual yang muncul dari prestasi-prestasi motorik, social, dan kognitif pralinguistik
D. pemerolehan bahasa anak sejalan dengan perkembangan organ bicaranya
C. Benar, opsi C sesuai dengan pengertian pemerolehan bahasa poin kedua dari McGraw

4.      Sebagian dari sitem bahasa itu adalah sistem pikirannya karena...
       
A. makna dan semantik bahasa yang digunakan adalah ide yang merupakan bagian dari isi pikiran
B. berbahasa memerlukan latihan berpikir terus menerus
C. pikiran adalah bagian dari bahasa
D. berpikir dan berbahasa adalah sama-sama hasil kerja otak
A. Benar, isi pikiran yang berupa ide terwujud melalui bahasa

5.      Contoh pertukaran giliran yang terjadi pada masa perkembangan pralinguistik adalah....
       
A. Anak dan ibu itu berteriak serempak memanggil tukang eskrim yang melewati rumah mereka
B. Anak-anak Play-group menyanyikan lagu Bangun Tidur mengikuti gurunya
C. Anak mendengarkan dengan tenang ketika ibunya mendongeng sebelum tidur
D. Ibu meminta anaknya menutup pintu rumah mereka yang terbuka
C. Benar, opsi C adalah contoh pertukaran giliran

6.      Salah satu penanda perkembangan pralinguistik adalah pertukaran giliran antara orang tua dengan anak. Yang dimaksud pertukaran giliran adalah sebagai berikut kecuali,
       
A. Ketika ibu mendapat giliran berbicara, anak diam sambil mengamati ibunya
B. Ketika anak banyak berbicara maka ibu hanya diam sambil mengamati atau sebaliknya
C. Anak diberi giliran berbicara pertama sekali kemudian disusul ibu yang berbicara setelah anak diam
D. Baik anak maupun ibu harus saling mengalah untuk menunggu giliran berbicara
D. Benar, karena dalam pertukaran giliran tidak ada perebutan atau saling mengalah untuk berbicara

7.      Anak diperkenalkan dengan pedoman : “Gunakan beberapa “prinsip operasi” umum untuk memikirkan serta menetapkan bahasa.” Prisip tersebut merupakan penerapan strategi....
       
A. meniru
B. produktifitas
C. produktif
D. prinsip operasi
D. Benar, Strategi prinsip operasi berpedoman:” gunakan beberapa “prinsip operasi” umum untuk memikirkan serta menetapkan bahasa!”

8.      Perkembangan bahasa anak berhubungan dengan kematangan neoromoskularnya, tetapi dalam menyimak ada perbedaan yaitu....
       
A. pada awalnya kematangan berbicara lebih dulu dari pada kematangan menyimak
B. pada awalnya kematangan menyimak lebih dulu dari pada kematangan berbicara
C. kematangan menyimak dan berbicara terjadi secara bersamaan
D. antara menyimak dan berbicara terjadi kematangan secara bergantian
B. Benar, pada awalnya kematangan menyimak lebih dulu dari pada kematangan berbicara

9.      Proses pemerolehan bahasa terdapat pada contoh berikut....
       
A. Adi biasa menggunakan kata “Ape?” untuk bertanya dan “Engga.” untuk menyatakan ketidaksetujuan yang biasa ia tiru dari kebiasaan ibunya.
B. Adi mendapat kesulitan belajar bahasa Indonesia di TK tempat ia belajar padahal sebelum ia pindah dari Sukabumi ia terbiasa berbahasa Sunda.
C. Setiap sore Ida dan Adi mempelajari bahasa Sunda dari guru yang didatangkan orang tuanya agar nilai bahasa Sundanya baik
D. Beni belajar bahasa Inggris tiga kali seminggu di tempat kursus bahasa Inggris untuk anak usia TK
A. Benar, proses pemerolehan bahasa didapat secara tidak disengaja dengan mengikuti bahasa ibunya.

10.  Kompetensi bahasa kedua diperoleh melalui belajar bahasa, bukan “memungut bahasa”. Maksud pernyataan tersebut adalah ....
       
A. pengetahuan yang sadar tentang bahasa kedua
B. mendapatkan bahasa tanpa disadari
C berawal tidak disadari tetapi kemudian timbul keinginan belajar bahasa
D keinginan belajar bahasa pada anak usia prasekolah
A. Benar, arti belajar adalah usaha mengetahui bahasa dengan sadar sedang memungut bahasa dilakukan tidak sadar

11.  Proses pemerolehan B2 dilakukan dengan cara memungut sedangkan belajar B2 melalui....
       
A. belajar
B. mengetahui
C. meniru.
D. mengingat
B. Benar, proses pemerolehan B2 dilakukan dengan cara memungut sedangkan belajar B2 melalui mengetahui B2

12.  Dorongan yang datang dari dalam diri pembelajar yang menyebabkan pembelajar berkeinginan kuat untuk mempelajari bahasa kedua merupakan faktor....
       
A. Kondisi interaksi
B. penyajian formal
C. motivasi
D. usia
C. Benar, faktor motivasilah yang menyebabkan dorongan sangat kuat pada diri pembelajar

13.  Contoh pemerolehan bahasa berdasarkan usia anak yang tepat terdapat pada pernyataan....
       
A. Uli melavalkan kata rujak “b∂b∂k”menjadi rujak bEbEk meskipun dari lahir ia tinggal di Jakarta hingga dewasa.
B. Bunga setelah masuk SD fasih berbahasa Sunda padahal bahasa tersebut baru ia kenal
C. Edi sangat fasih dalam berbicara bahasa Inggris karena dari lahir hingga usia tiga tahun dia tinggal di Australi
D. Manis setelah remaja tetap belajar bahasa Mandarin dan menjadi fasih sehingga dia disebut dwibahasawan
C. Benar, pemerolehan bahasa pada anak-anak ( usia 2-3 tahun )dapat sefasih penutur asli

14.  Berikut ini pengaruh pembelajaran B1 terhadap B2 kecuali,
       
A. Pengaruh urutan kata karena proses penerjemahan
B. Pengaruh morfem terikat pada bahasa yang dipelajari
C. Pengaruh usia anak saat memperoleh B1
D. Meskipun tidak kuat ada pengarauh dari bahasa pertama.
C. Benar, usia anak bukan bagian dari pengaruh tetapi merupakan faktor-faktor keberhasilan pembelajaran bahasa kedua

15.  Hal-hal berikut adalah aspek yang harus diperhatikan ketika mempelajari B2 kecuali,
       
A. kemampuan berbahasa
B. usia
C. kecerdasan
D. motivasi.
C. Benar, kecerdasan bukan aspek yang harus diperhatikan dalam mempelajari B2 (termasuk kecualinya)

16.  Strategi pertama yang berpegang pada semboyan “Gunakanlah pemahaman nonlinguistik Anda sebagai dasar untuk penetapan atau pemikiran bahasa!” Menurut Brown strategi ini beroperasi pada tahap umum dasar kognitif dengan pernyataan berikut kecuali,
       
A. Panjang ucapan anak kecil merupakan indikator perkembangan bahasa yang lebih baik dari perkembangan usia kronologisnya
B. Morfem rata-rata perucapan dapat digunakan sebagai ukuran panjangnya .
C. Di sekeliling tahap umum pemahaman nonlinguistik muncul pengertian anak terhadap situasi-situasi tertentu atau khusus
D. Membagi dua yaitu kelompok anak referensial dan ekspresif
D. Benar, Membagi dua yaitu kelompok anak referensial dan ekspresif merupakan strategi ketiga jadi termasuk kecualinya

17.  “Belajar merupakan terbentuknya asosiasi-asosiasi antara peristiwa-peristiwa yang disebut stimulus(S) dengan respon (R)” adalah hukum belajar...
       
A. Classical Conditioning oleh Pavlov
B. Operant Conditioning oleh Skinner
C. Social Learning oleh Bandura
D. Connection(S-R Bond)
D. Benar, opsi D merupakan hukum belajar Connection(S-R Bond) dikemukakan oleh Thorndike

18.  Ibu bercerita bahwa Rumah Sakit yang mereka biasa berobat kini sudah modern katanya. Pasien yang mendaftar begitu datang langsung diberi nomor antrian oleh satpam dari printout computer. Nomor antrian dipanggil oleh lampu yang berisi nomor antrean pasien menyala. Cara antrian seperti ini berhubungan dengan teori....
       
A. Classical Conditioning oleh Pavlov
B. Operant Conditioning oleh Skinner
C. Social Learning oleh Bandura
D. Connection(S-R Bond).
A. Benar, Classical Conditioning adalah mengganti stimulus alami (nomor antrean) dengan nyala lampu

19.  Untuk pembelajaran bahasa teori empirisme sangat bertentangan dengan aliran rasionalisme yang beranggapan seperti berikut kecuali,
       
A. Salah satu dari teori empirisme tidak mampu menjelaskan kreativitas anak dalam mengembangkan bahasanya
B. Perilaku bahasa itu jauh lebih rumit dari pada suatu hubungan S-R
C. Bahwa belajar bahasa memerlukan pembiasaan yang akhirnya membentuk perilaku yang diinginkan
D. Kaum behaviorisme tidak dapat menjelaskan mengapa anak dapat menyusun kalimat panjang hanya dengan memiliki sedikit kata saja
C. Benar, anggapan belajar bahasa memerlukan pembiasaan yang akhirnya membentuk perilaku yang diinginkan (Ini yang termasuk kecualinya)

20.  Contoh pembelajaran berikut menerapkan teori behaviorisme kecuali,
       
A. Guru menyajikan materi dari yang sederhana ke yang kompleks
B. Hasil belajar diukur berdasarkan pencapaian perilaku yang diinginkan
C. Di dalam kelas siswa sangat berperan dalam mendapatkan materi sesuai arahan guru (guru sebagai pengarah)
D. Peran guru sangat dominan dalam memberikan materi sampai luas dan tuntas
D. Benar, sangat dominannya peran guru berarti siswa tidak aktif sehingga tidak terjadi S-R (stimulus-respon) .Jadi ini bukan penerapan teori behaviorisme

21.  Teori nativisme berpandangan bahwa …
       
A. peniruan bahasa oleh anak secara sistematis dan kontinyu akan memampukan anak berbahasa
B. pelenturan organ wicara melalui wicara yang bertubi-tubi menyebabkan anak mampu berbahasa
C. Setiap manusia sudah dilengkapi oleh alat penguasaan bahasa yang dinamakan Language Acquisition Device( LAD)
D. Peniruan rangsangan alamiah dengan bentuk yang lain efektif dalam menerima respon yang lebih baik
C. Benar, yang berpandangan bahwa setiap manusia sudah dilengkapi oleh alat penguasaan bahasa yang dinamakan Language Acquisition Device( LAD) adalah teori nativisme

22.  Teori kognitivisme menyatakan bahwa....
       
A. kemampuan berbahasa seseorang berasal dan diperoleh sebagai akibat dari kematangan kognitif sang anak
B. manusia membentuk versi mereka sendiri terhadap kenyataan dengan menggandakan berbagai cara untuk mendapatkan pengetahuan
C. setiap manusia sudah dilengkapi oleh alat penguasaan bahasa yang dinamakan Language Acquisstimulition Device( LAD)
D. Belajar merupakan terbentuknya asosiasi-asosiasi antara peristiwa-peristiwa yang disebut us(S) dengan respon (R)
A. Benar, teori kognitivisme berpandangan bahwa kemampuan berbahasa seseorang berasal dan diperoleh sebagai akibat dari kematangan kognitif sang anak

23.  Teori fungsional dalam pembelajaran bahasa beranggapan bahwa....
       
A. pemerolehan bahasa anak dipengaruhi oleh lingkungan sosial anak
B. anak tidak memerlukan latihan berbahasa karena sudak dibekali dengan potensi bahasa
C. bahasa digunakan untuk mengetahui keadaan kognitif anak
D. belajar bahasa adalah belajar memahami fungsi-fungsi bahasa sebagai tujuan komunikasi
D. Benar, teori fungsional tentang belajar bahasa untuk memahami fungsi-fungsi bahasa sebagai sarana berkomunikasi

24.  Teori kontruktinisme berpandangan bahwa…
       
A. Kemampuan berbahasa seseorang diperoleh akibat kematangan kognitif anak
B. bahasa diperoleh melalui stimulus yang gencar dari luar dirinya
C. perolehan bahasa dipengaruhi oleh bakat seseorang yang telah ada secara alamiah
D. untuk mempelajari bahasa manusia membentuk versi sendiri terhadap kenyataan
D. Benar, pandangan teori konstruktivisme bahwa dalam mempelajarai bahasa manusia membentuk versi sendiri terhadap kenyataan

25.  Peran Piaget dalam teori konstruktivisme sebagai....
       
A. pencetus teori tahapan individu
B. pelopor teori kognitifisme
C. penentang teori Behaviorisme
D. pengikut teori behaviorisme
B. Benar , Peran Piaget dalam teori konstruktivisme sebagai pelopor teori kognitifisme

26.  Contoh berikut merupakan cara anak bersosialisasi dengan lingkungannya
       
A. “ Mah saya mau makan!” kata anak kepada setiap orang yang berada di dekatnya
B. “ Mah itu Bapak pulang ayo bukakan pintu!’ kata anak meniru perilaku ibunya setiap suaminya pulang
C. “Bi, aku minta pisau itu untuk memotong kucing ini!” Kata beni menirukan adegan televise yang baru ditontonnya
D. “Bu, ajari saya bahasa Indonesia!” Kata Ida yang baru berumur tiga tahun kepada ibunya
B. Benar , kalimat B contoh anak bersosialisasi sesuai dengan yang ia dapatkan dari lingkungan

27.  Pengertian kecenderungan adalah....
       
A. motivasi yang tinggi dari seseorang untuk mempelajari bahasa yang diinginkannya
B. seluruh faktor yang menyebabkan pelajar menerapkan kemampuan berbahasa untuk memperoleh bahasa tertentu
C. keinginan seseorang yang sangat kuat untuk mempelajari bahasa tertentu
D. dorongan yang sangat kuat yang muncul kepada jiwa seseorang untuk mempelajari bahasa
B. Benar , kecenderungan adalah seluruh faktor yang menyebabkan pelajar menerapkan kemampuan berbahasa untuk memperoleh bahasa tertentu

28.  Integrasi sosial adalah salah satu komponen kecenderungan yang …
       
A. menggunakan kemampuan belajarnya untuk menguasai bahasa target
B. mencoba menggunakan bahasa target sebagai alat ekspresi dirinya
C. rela mengambil resiko apapun yang diakibatkan ia mempelajari bahasa tersebut
D. berusaha menggunakan bahasa target sebagai alat mempelajari budaya tertentu
D. Benar, Integrasi sosial adalah salah satu komponen kecenderungan yang mengupayakan bahasa target menjadi alat belajar budaya

29.  Sikap mau mengambil resiko adalah salah satu dari kecenderungan yang berciri berikut ini kecuali,
       
A. berani menggunakan bahasa target jika sudah dapat berbahasa seperti penutur aslinya
B. tidak ragu dalam menggunakan unsur-unsur kebahasaan yang baru
C. berani mengutarakan isi hati meski ada kemungkinan melakukan kesalahan
D. berani mencobakan bahasa meskipun menggunakan pola-pola yang rumit
A. Benar berani menggunakan bahasa target jika sudah dapat berbahasa seperti penutur aslinya bukan sikap mau mengambil resiko

30.  Yang dimaksud dengan kapasitas dalam belajar bahasa adalah daya tampung otak untuk....
       
A. menyerap stimulus kebahasaan yang masuk
B. menyaring stimulus kebahasaan yang masuk
C. mengolah stimulus kebahasaan yang masuk
D. berbahasa simbolik.
C. Benar, pengertian kapasitas dalam belajar bahasa adalah daya tampung otak untuk mengolah stimulus kebahasaan yang masuk

31.  Sumbangan lingkungan dalam belajar B2 berupa…
       
A. bahasa baru yang ditemui pembelajar
B. input yang berasal dari bahasa pembelajar
C. bahasa awal + bahasa lingkungan yang berinteraksi dengan pembelajar B2
D. tubian bahasa target yang harus dikuasainya
B. Benar, karena sumbangan terbesar dalam pembelajar B2 anak adalah masukan (input) bahasa asal pembelajar

32.  Pernyataan yang benar tentang perbedaan antara pemerolehan bahasa dengan belajar bahasa adalah....
       
A. pemerolehan bahasa proses berlangsungnya secara bawah sadar, belajar bahasa proses berlangsungnya secara sadar dan disengajari.
B. pemerolehan bahasa pengetahuan yang diperoleh secara eksplisit, belajar bahasa pengetahuan yang diperoleh secara eksplisit
C.Pemerolehan bahasa, pembelajar mengetahui B2, belajar bahasa, pembelajar memungut B2
D. Pemerolehan bahasa pengetahuan secara formal, belajar bahasa mengetahui ciri-ciri seperti penutur asli
A. Benar, Proses berlangsunya pemerolehan bahasa secara bawah sadar, sedangkan belajar bahasa proses pemerolehannya secara sadar dan disengaja

33.  Dalam pembelajaran bahasa guru memegang peranan penting di kelas terutam dalam....
       
A. merekrut pembeljar agar terbentuk kelompok-kelompok belajar
B. mengoreksi kesalahan pembelajar sekaligus memberikan masukan
C. mengelompokkan materi pembelajaran yang sejenis
D. menyelesaikan tugas administrasi sekolah yang dilaksanakan secara formal
B. Benar, guru harus mengoreksi dan mengarahkan pembelajar/member masukan demi perbaikan hasil kerja siswa

34.  Bakat bahasa yang dimiliki seseorang dapat membantunya dalam belajar bahasa. Yang dimaksud dengan bakat bahasa adalah kemampuan....
       
A. yang diperoleh dari keturunan
B. berbicara yang diperoleh dari berlatih
C. menyimak yang diperoleh sejak kecil
D. alamiah dalam belajar bahasa
D. Benar, bakat muncul secara alami dan sangat membantu dalam melahirkan kemampuan
                                       
35.  Kebiasaan belajar bahasa yang berbeda-beda pada setiap orang disebut ....
       
A. formal strategy
B. planning strategy
C. internalizatin strategy
D. communication strategy
B. Benar, cara yang berbeda-beda pada setiap orang dalam belajar bahasa disebut planning strategy

36.  Dalam belajar B2, Sunu membuat rumus untuk membantu mengingatkannya pada macam-macam akhiran. Yang dilakukan Sunu merupakan penerapan strategi....
       
A. strategi practice
B. strategi planning
C. strategi formal
D. strategi communication
C. Benar, formal strategi adalah mempermudah pemahaman melalui penciptaan rumus-rumus

37.  Dalam hipotesis kesamaan perolehan B1 merupakan komponen yang hakiki dari perkembangan kognitif dan sosial anak, sedangkan perolehan B2 terjadi....
       
A. Sebelum perkembangan kognitif dan sosial seorang anak
B. Sesudah perkembangan kognitif dan sosial seorang anak
C. Bersamaan dengan perkembangan kognitif dan sosial seorang anak
D. Tidak berhubungan dengan perkembangan kognitif dan sosial seorang anak
B. Benar, pemerolehan B2 berlangsung sesudah perkembangan kognitif dan sosial seorang anak terbentuk

38.  Menurut hipotesis kontrastif penguasaan B1 sangat berpengaruh terhadap B2 yaitu…
       
A. Jika struktur B1 berbeda dengan struktur B2 maka belajar B2 menjadi lebih mudah
B. Jika struktur B1 memiliki banyak kesamaan maka belajar B2 menjadi sangat sulit
C. Jika struktur B1 memiliki banyak kesamaan maka belajar B2 menjadi lebih mudah
D. Jika struktur B1 dan B2 tidak saling mempengaruhi maka belajar B2 sangat tidak bermanfaat
C. Benar, kesamaan struktur B1 dan B2 akan mempermudah belajar B2

39.  Kontribusi B1 dalam pandangan teori behaviorisme berkaitan dengan (stimulus-respon) dalam pemerolehan bahasa yaitu...
       
A. Pembelajar akan merespon sebelum ia mendapatkan stimulus B2
B. Pembelajar akan merespon B2 sebelum ia mendapatkan stimulus B1
C. Semakin sering pembelajar merespon stimulus semakin cepat ia memperoleh bahasa
D. Semakin sering pembelajar merespon stimulus semakin sulit ia belajar bahasa
C. Benar, Semakin sering pembelajar merespon stimulus semakin cepat ia memperoleh bahasa

40.  Yang dimaksud dengan input dalam bahasa anak adalah....
       
A. bahasa-bahasa yang diserap anak dari lingkungan keluarganya
B. organ bahasa anak yang telah diberikan Tuhan
C. bahasa yang dimiliki anak selama masa balita
D. bahasa anak yang diperdengarkan kepada orang lain
A. Benar, input bahasa anak adalah bahasa-bahasa yang diserap anak dari lingkungan keluarganya


0 comments:

d'most fav web

Copyright @ 2013 yanti.