Sabtu, Oktober 12, 2019

Rumah Belajar goes to SMA Integral Hidayatullah Batam



https://www.youtube.com/watch?v=iNCKPGS4mZQ&t=67sMaasyaa Allah... Keseruan rapat koordinasi di SMA Integral Hidayatullah Batam hari ini makin lengkap dengan kehadiran sosialisasi tentang pemanfaatan portal rumah belajar dalam pembelajaran berbasis TIK di era 4.0. Meskipun sosialisasi ini hanya bersifat selingan saat rapat, namun tidak mengurangi antusiasme para pendidik dalam menerima informasi baru. Sosialisasi kali ini bertujuan untuk mengenalkan fitur utama portal rumah belajar yang bisa memberikan kemudahan pendidik dalam menambah referensi media pembelajaran yang bisa digunakan saat proses pembelajaran di kelas, sehingga proses pembelajaran makin menyenangkan.

Semua fitur utama diperkenalkan, yaitu: sumber belajar, kelas digital, bank soal, laboratorium maya, peta budaya, wahana jelajah angkasa, Buku Sekolah Elektronik, dan fitur Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan.

Semua fitur utama ini, bisa diakses di ma Mengingat keterbatasan waktu dalam sosialisasi kali ini, maka lebih diutamakan praktik langsung mengenai konten sumber belajar di gadget pendidik. Mereka mencoba mengakses semua fitur utama, namun lebih diutamakan fitur sumber belajar, karena konten ini yang saat ini sangat dibutuhkan. Menginget peserta didik sangat menyukai sajian berupa audio visual, maka tontonan yang disajikan berupa tontonan yang sesuai dengan materi yang sedang diajarkan saat itu. Sehingga peserta didik dapat dengan mudah mengingat materi yang diajarkan dengan cara yang menyenangkan.

Selanjutnya adalah penayangan sekilas tentang bagaimana cara mendaftar sebagai guru pada fitur kelas digital. Karena sekolah kami sudah didaftarkan sebagai penyelenggara, maka ini akan memudahkan para pendidik untuk melakukan pendaftaran. Sasarannya semua guru dapat melakukan ini. Semoga saja harapan ini segera terwujud.

Sesi terakhir adalah sesi tanya jawab, dan alhamdulillah para peserta tidak mengalami kesulitan dalam memahami portal rumah belajar sebagai salah satu sumber pembelajaran berbasis TIK. Meskipun sangat antusias dalam kesempatan sosialisasi ini, namun apa daya, waktu yang kurang memungkinkan sehingga hanya sedikit saja yang bisa disampaikan. Semoga dikesempatan berikutnya, kita bisa lebih banyak praktik dalam pemanfaatan portal rumah belajar dalam kelas.

Terima kasih banyak kepada semua pihak yang telah mendukung terselengaranya sosialisasi ini, terutama Bapak Kepala SMA Integral Hidayatullah Batam, ustaz Muhammad Hasan, S.Pd.I,Lc, dan wakil kepala sekolah bidang akademik, ustazah Puji Astuti, S.Pd, serta dewan guru yang tidak bisa saya sebutkan satu per satu. Mohon dimaafkan jika ada kesalahan saat interaksi kita. Walhamdulillah. Wassalam.

0 comments:

d'most fav web

Copyright @ 2013 yanti.