Rabu, Desember 30, 2020

Cara membuat kelas digital/maya pada portal rumah belajar

 

 Alhamdulillah,

Pelatihan online kali ini berjalan lancar. Meskipun hanya dihadiri oleh beberapa orang saja, namun tidak mengurangi semangat kami berbagi pengetahuan yang semoga bermanfaat untuk kita semua, terutama bagi kita yang sedang membutuhkan pengetahuan tentang bagaimana cara kita membuat kelas digital yang gratis, namun bisa dengan mudah memantau aktivitas warga kelas virtualnya.

Peserta yang menghadiri pelatihan kali ini tidak sampai 20 orang, karena mungkin banyak yang memiliki acara yang lain di waktu yang sama. Terbukti dari jumlah peserta yang mengisi presensi ada DI SINI
Dan peserta yang mengisi formulir pendaftaran ada DI SINI.

Sangat berbeda dengan Learning Management System (LMS) lainnya, kelas maya yang merupakan fitur utama portal rumah belajar hadir dengan fasilitas lengkap seperti yang diinginkan oleh sekolah sebagai sekolah penyelenggara. 

Bagaimana tidak, tim kurikulum atau kepala sekolah bisa memantau aktivitas warga sekolahnya di sana. Mereka bisa melihat kapan siswa masuk kelas, kapan siswa membuka materi, kapan siswa keluar kelas. Bahkan aktivitas gurunya pun bisa dipantau. Jam berapa guru log in, mengisi materi, hingga log out. Semuanya bisa terditeksi. Sehingga sekolah penyelenggara bisa melaporkan aktivitas kegiatan pembelajaran onlinenya tepat sesuai dengan keadaan yang sebenarnya dengan mudah tanpa susah.



Pada kelas maya ini, guru bisa memberikan materi hingga memberikan kuis dan tes formatif yang akan langsung nilainya secara otomatis masuk ke akun siswanya, hingga siswa tersebut pada akhir pembelajaran bisa mendapatkan nilai akhirnya tanpa harus input manual.

Pada kesempatan pelatihan kali ini, peserta sangat antusias. Terlihat dari banyaknya pertanyaan yang disampaikan, bukan hanya saat pelatihan online, namun juga setelah pelatihan berakhir. Mulai dari pertanyaan yang disampaikan di grup, hingga chat personal.

Dan senangnya lagi, saat menerima kabar bahwa mereka berhasil mendaftarkan sekolahnya sebagai sekolah penyelenggara. Dan bersiap untuk mendaftarkan semua guru dan siswanya.

Duh, senangnya tiada tara hati ini, yaa Allah... semoga pengetahuan hamba yang tidak seberapa ini bisa bermanfaat untuk siapa saja.
Aamiin yaa Robb

dokumentasi sosialisasi online cara membuat kelas maya


Untuk mengikuti perkembangan infonya Silahkan bergabung melalui media sosial Rumah Belajar. IG: https://www.instagram.com/belajar.kemdikbud/ FB: https://www.facebook.com/PortalRumahBelajar YouTube: Rumah Belajar Kemendikbud

0 comments:

d'most fav web

Copyright @ 2013 yanti.